Mata Kuliah dan Prospek Kerja untuk Jurusan Psikologi

Mata Kuliah dan Prospek Kerja untuk Jurusan Psikologi  – Meskipun mengambil jurusan psikologi kamu tetap tidak akan terbebas dari matematika, Karena faktanya ilmu psikologi menggunakan sistem riset dan penelitian menggunakan matematika keluaran macau statistik sebagai dasarnya. Statistika merupakan salah satu ilmu matematika yang akan menjadi pondasi dalam menciptakan skala psikologi, yang dapat dikembangkan menjadi alat tes psikologi atau kini kita kenali sebgai tes psikotes. Kamu juga akan belajar lagi tentang statistika Mulai dari perencanaan, pengumpulan, analisa, interpretasi hingga presentasi data.

Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Psikologi:

Rentang Perkembangan Manusia
Biopsikologi
Teori-Teori Kepribadian
Psikologi Sosial
Psikologi Pendidikan
Psikologi Komunikasi
Asesmen Dasar
Teori dan Aplikasi Pengukuran Psikologi
Kesehatan Mental
Psikologi Industri
Intervensi Psikologi
Psikologi Pendidikan ARBK
Gangguan Mental
Psikologi Organisasi
Integrasi Psikologi
Psikologi Faal
Psikologi Perkembangan
Statistika
Psikometri
Psikodiagnostik
Kode Etik Psikologi
Psikologi Konseling
Patologi & Rehabilitasi Sosial
Psikologi Lintas Budaya
Psikologi Lingkungan
Masalah-masalah Psikologis Remaja
Psikogeriatri
Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
Psikogerontologi
Andragogi
Pengelolaan Sumber Daya Manusia
Psikologi sekolah
Bimbingan & Konseling

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Setelah mengetahui mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini, tentu kamu juga perlu mengetahui informasi tentang peluang kerja dari lulusan Jurusan Psikologi. Selama ini cukup banyak orang yang berpikir bahwa lulusan Psikologi dapat bekerja sebagai psikolog atau berkarier di bidang human resource development (HRD). Anggapan tersebut ada benarnya, karena selama kuliah kamu banyak mempelajari tentang tingkah laku manusia dari berbagai aspek. Oleh karena itu, peluang kerjanya pun akan sangat erat hubungannya dengan bidang HRD. Meskipun begitu, lulusan Psikologi tidak serta merta dapat langsung menjadi psikolog atau psikiater ya. Kamu perlu menempuh pendidikan lanjutan serta tes sertifikasi tertentu untuk bisa membuka praktik.

Konsultan Pendidikan

Salah satu tugas konsultan pendidikan adalah slot spaceman membantu pelajar agar bisa memilih jurusan yang tepat yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Konsultan pendidikan juga merumuskan strategi agar siswa tersebut dapat menjalani tes masuk perguruan tinggi dan memperoleh hasil memuaskan.

Dosen

Dosen merupakan pendidik profesional di tingkat perguruan tinggi. Dosen mengajar mahasiswa sesuai dengan kapasitas keilmuan yang dimiliki. Untuk bisa menjadi seorang dosen, umumnya seseorang minimal harus menuntaskan pendidikan tingkat strata 2 (S2) terlebih dulu dan mengikuti berbagai tes yang telah ditetapkan. Jadi, untuk bisa menjadi Dosen di jurusan Psikologi, kamu perlu melanjutkan pendidikan kembali untuk bisa meraih gelar master ya!

Management Trainee

MT merupakan sebuah program pelatihan manajemen yang ditujukan untuk mendorong potensi yang ada dari setiap kandidat untuk bisa menempati posisi manajerial di setiap perusahaan. Posisi ini umumnya menerima lulusan fresh graduate dari berbagai jurusan, salah satunya tentu Psikologi.

Penulis (content writer)

Pengalaman selama kuliah di Jurusan Psikologi tentu bisa membawamu menjadi seorang conten writer andal. Terlebil lagi, kemampuanmu dalam menjalin hubungan dengan orang lain, akan berdampak positif terhadap proses interview, riset, dan pengembangan materi untuk diolah menjadi sebuah konten yang menarik.

Perawat Kesehatan Mental

Seorang perawat kesehatan mental memiliki peran untuk mendukung orang-orang yang memiliki penyakit gangguan mental. Harapannya, setiap pasien dapat kembali pulih dan bisa hidup dengan baik di masyarakat.

Research and Development (RnD)

Staf RnD atau yang dikenal dengan istilah penelitian dan pengembangan (litbang) memiliki tanggung jawab melakukan togel sidney aktivitas penelitian dan pengembangan. Lulusan psikologi yang mempunyai latar belakangan keilmuan yang berhubungan dengan tingkah laku manusia tentu bisa memberikan perspektif menarik yang bisa mendukung penelitian yang dilakukan.

Bagian Human Rsource Development (HRD)

HRD memiliki tugas utama terkait mengatur atau mengelola sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Tanggung jawab lainnya termasuk proses rekrutmen, pengembangan potensi karyawan, hingga mengatur urusan terkait kedisiplinan.

Avatar admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *